MAS VINGKY, KETUA BADKO RAYON TERMUDA DI KOTA YOGYAKARTA

 

Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”. HR Al Bukhori

Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”

Jika belum bisa membantu orang lain, minimal jangan menyusahkan orang lain. Menjadi pengurus di Organisasi Sosial Keagamaan, memang bukan hal yang mudah. Ia harus siap menjadi ujung tombak dan ujung tombok.

 

Adalah Vingky Kurnia, pelajar kelas 3 salah satu SMK di Kota Yogyakarta jurusan kulit ini menjadi salah satu pengurus Badan Koordinasi TK TPA Kecamatan Danurejan. Walaupun usianya masih sangat muda, kemampuan berorganisasi dan jaringan komunikasinya tidak perlu diragukan lagi. Terbukti Ia diamanahi jabatan sebagai ketua Umum BADKO Kecamatan Danureja masa bhakti 2017-2020. Setelah resmi dilantik, Ia adalah ketua Badko Rayon termuda di Kota Yogyakarta. Usianya masih terbilang unyu, yaitu sweet seven teen.

 

Sabtu, 28 Januari 2017 merupakan hari yang bersejarah baginya. Karena setelah dipilih sebagai Ketua umum BADKO Kecamatan Danurejan pada musyawarah rayon tanggal 18 September tahun 2016, hari ini ia akan menduduki jabatan sebagai Ketua BADKO kecamatan Danurejan menggantikan Sdr Ardy Yoga Prasetyo.

 

Mbak MC, Anisa Samara membuka acara pelantikan pengurus Badko Danurejan pada pukul 08:30 WIB. Setelah acara pembukaan, Blio mempersilahkan mas Jundillah untuk melantunkan Ayat Suci Al Quran. Para tamu undangan yang terdiri dari Pak Camat, KUA Danurejan, DMI Kecamatan Danurejan, POLSEK Danurejan, Direktur TPA dan lain sebagainya khusu’ saat Qur’an surat Al Mujadalah ayat 11 dan Ali Imran ayat 110 -111 ini dilantunkan.

 

Dan sebagai warga Negara yang Cinta Indonesia, acara selanjutnya adalah menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan Mars BADKO TKA TPA dan Mars TPA yang dipandu oleh mbak Rani Yunanda.

 

Acara Prosesi Pelantikan dimulai dengan pembacaan SK Pelantikan beserta susunan pengurus Badko Kecamatan Danurejan.

 

Apakah bersedia dan sanggup menjadi pengurus BADKO Kecamatan Danurejan ? “ Tanya ustadz Andry Sunny kepada semua calon pengurus BADKO Danurejan.

 Sanggup ! “ jawab Mas Vingky dan teman-temannya serentak

 

 

Resmi dilantik menjadi ketua Umum BADKO Kecamatan Danurejan periode 2017-2020, Mas Vingky menandatangi berkas pelantikan yang dilanjutkan serah terima jabatan dari Kepengurusan sebelumnya yang diwakili oleh ustadz Agus Pomo . Tsah..

 

Setelah rangkaian acara prosesi pelantikan selesai, acara dilanjutkan sambutan-sambutan.

 

Sambutan pertama dari perwakilan Direktur TPA se Danurejan oleh Bp Abdullah Puji. Blio menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar besarnya kepada pengurus BADKO kecamatan Danurejan atas pembinaannya, sehingga TPA di Kecamatan Danurejan cukup berhasil dalam pengajaran Al Quran.

 

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Bp Budi Santoso, S.STP,. M.Si selaku Camat Danurejan. Blio mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus Badko kecamatn Danurejan. Bapak yang pernah menjabat sebagai Direktur TPA selama 2 bulan ini juga menyampaikan akan siap membantu dan mendukung kegiatan TK TPA di Kecamatan Danurejan. Pada saat sambutan Blio menyampaikan akan mengikutkan kegiatan BADKO Kecamatan Danurejan ke Muskerbang, yang kebetulan acara pelantikan tadi juga di rawuhi oleh Ibu Atun dari bidang Pemberdayaan, sehingga langsuig bisa disampiakan.

 

Pak Budi Santoso juga mengimbau kepada pengurus BADKO kecamatan Danurejan untuk memanfaatkan teknologi Informasi guna memperlancar kegiatan. “ Insya Allah dengan aktif mengurusi kegiatan social, Allah akan mempermudah segala urusan kita “ kata Bapak yang dipertemukan jodohnya oleh Allah melalui TPA, waktu itu Blio jadi Direktur TPA dan istrinya yang menjadi Sekretarisnya. ciee so sweet.

 

Agar tidak jenuh, mbak MC, mbak Anisa Samara memperkenalkan Tagline BADKO Danurejan. Dengan Tagline BADKO Danurejan yaitu SIGRAK ( Sawiji Ing Greget Raharjo Awit Karep ), mbak MC memandu pengucapan Tagline yang diikuti semua tamu undangan.

 

“ BADKO “ ucap mbak Annisa

“ SANGAJI “ jawab tamu undangan malu-malu

Semangat Ngajar Ngaji “ lanjut mbak Annisa

 

“ DANUREJAN “ sapa mbak Annisa lagi

“ SIGRAK “ para hadirin menjawab dengan kompak

Sawiji Ing Greget Raharjo Awit Karep “ lanjut mbak Annisa

 

 

Acara sambutan berikutnya yaitu dari Ketua Umum BADKO Danurejan yang baru saja dilantik. Dek Vingky Kurnia dengan wajah masih imut-imut kayak anak SMP, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya selama ini. Dek Vingky bersama teman-teman pengurus yang lain akan selalu berkomunikasi dan berkoordinasi kepada semua eleman di Pemerintahan Kecamatan Danurejan agar tujuan pembelajaran kegiatan TKA TPA dapat tercapai.

 

Di akhir sambutannya, Dek Vingky memohon Do’a restu agar dalam menjalankan amanah sebagai ketua BADKO kecamatan Danurejan ini dapat berjalan dengan baik.

 

Saya juga mohon do’a restunya supaya tahun ini ( 2017 ), saya dapat Lulus Ujian Nasional dengan hasil yang memuaskan “, tambah mas Vingky yang disambut ucapan Aamiin dan tepuk tangan dari tamu undangan.

 

Semoga jadi murid yang Budiman ya Dek, nanti kalo sudah Lulus Sekolah,  jangan di orek-orek ya Bajunya

 

Sambutan selanjutnya dari Pengurus BADKO Kota Yogyakarta yang disampaikan oleh ustadz Iman Muhtarom. Blio menyampaikan selamat atas pelantikan pengurus BADKO yang baru. Dalam sambutannya, ustadz Imam berpesan kepada pengurus BADKO Danurejan yang lama, agar pengurus yang baru jangan langsung dilepas, tetapi didampingi dalam menjalankan amanah kepengurusan BADKO.

 

Sambutan dilanjutkan oleh KUA kecamatan Danurejan yang diwakili oleh Bp Munawar Kholiq, S.Ag. Blio mengakatan ” Kami mengucapkan selamat kepada pengurus BADKO kecamatan Danurejan. Sebuah kegiatan yang membawa barokah tersendiri, karena dengan adanya TPA sangat membantu dalam memberantas buta huruf Al Quran khususnya di Kecamatan Danurejan

Senada dengan KUA Danurejan, sambutan terakhir dari Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Danurejan Bp Marzuki Abu Choir juga bangga dan akan mendukung kegiatan BADKO Danurejan. Blio juga berpesan agar Direktur TPA menjalin hubungan yang baik kepada Takmir –takmir masjid yang ada di TPA, karena sebagian besar TPA melakukan kegiatan Kegiatan Belajar Mengajarnya di Masjid. Dengan adanya hubungan yang baik, maka akan tercapai tujuan dengan mudah, insya Allah.

 

Sebelum acara berakhir dan ditutup oleh mbak MC, acara terakhir adalah Do’a yang dipimpin oleh Ustadz Danang Dwi Antoro dan dilanjutkan dengan  penampilan Nasyid dari TPA Munfiatun.

 

Selamat menjalankan amanah mas Vingky, semoga Lulus THB  UN dengan hasil yang memuaskan, Aamiin.

 

foto oleh tim BADKO Danurejan

Bagikan: