JANGAN CUMA DIINGAT TANGGALNYA, TAPI AMALNYA..

Muhammad SAW adalah nabi akhir zaman, seorang manusia mulia yang telah dipilih Allah untuk menjadi Tauladan bagi manusia yang lain. Allah telah berfirman bahwa Nabi Muhammad suri Tauladan yang baik, maka sebagai muslim yang taat, sudah tentu kita wajib meneladaninya, atau bahasa anak gaulnya mengidolakannya.

Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah

.” (Al-Ahzab: 21)

Putra Abdullah Bin Abdul Mutahlib ini kelahiran tahun 571 M pada tanggal 20 April bertepatan 12 Rabbiul Awal . Banyak umat islam yang memperingati hari kelahirannya nya sebagai Hari Maulid Nabi dengan maksud untuk mengajak masyarakat agar selalu ingat bahwa Nabi kita adalah Muhammad SAW. Ada juga yang berpendapat bahwa tidak ada tuntunannya memperingati hari kelahiran Beliau.

Mana yang benar dan mana yang salah ? Itu tergantung bagaimana kita menyikapinya, yang tidak boleh itu kalau harus memperingati Maulid Nabi. Model orang kalau sudah Pokok'e ini yang biasanya akan membuat ukhuwah menjadi tidak sehat.

Salah satu hal yang selalu diadakan oleh adat budaya jawa khususnya Jogja adalah adanya Sekaten. Sekaten awalnya diadakan oleh Sunan Kalijaga untuk media berdakwah menyebarkan agama islam di Yogyaakarta. Karena pada zaman itu, menyampaikan ilmu Agama kepada masyarakat akan mudah kalau dengan media Gamelan dan Keramaian,. Sungguh cara yang Kreatif dan unik yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga ini.

Begitu pula dalam berdakwah saat ini, perlu cara yang kreatif dan Inovatif tanpa melanggar aturan yang ada, baik aturan agama ataupun aturan Pemerintah, agar dakwah kita tidak sia-sia. Dan yang penting adalah jangan hanya mengingat tanggal lahir Nabi Muhammad saja, tapi mengingat dan mengamalkan semua pesan-pesan beliau dalam kehidupan sehari-hari

Umat islam sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, bagaimana menjalankan kehidupan sehari-hari, mulai dari tidur sampai bangun tidur. Banyak sekali sunnah Nabi Muhammad yang harus kita amalkan, Mulai dari sholat, makan, berpakaina, tidur, bergaul sehari-hari dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa sunnah yang bisa kita contoh dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari :

 

SHALAT TAHAJUD

Shalat sunnah ini memiliki manfaat yang sangat besar jika dikerjakan secara rutin setiap malam. Karena manfaat ini pula, mengapa sehingga sholat tahajud sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Banyak dalil-dalil, baik itu Al-Qur'an maupun hadis yang memberikan penjelasan tentang kandungan manfaat yang dimiliki oleh sholat sepertiga malam ini. Beberapa diantaranya seperti, penghapus dosa, pembuka rejeki, pengabul doa, dan masih banyak lagi. Tentunya, semua itu hanya dapat diraih jika kita rajin untuk bertahajud.

Manfaat lain adalah untuk menjaga kesehatan. Tidak diragukan lagi, shalat Tahajud menjadi terapi pengobatan terbaik dari berbagai macam penyakit. Karena itu, orang-orang yang membiasakan diri untuk Tahajud akan memiliki daya tahan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit.

Rasulullah SAW bersabda, "Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh." (HR Tirmidzi).

 

MEMBACA AL-QURAN

Sebaik baiknya buku adalah Al Quran yang didalamnya sarat dengan ilmu pengetahuan termasuk moral, berprilaku baik, kejujuran, kebaikan dan lain lain. Membaca Al Quran dapat mempengaruhi jiwa dan pikiran agar selalu menjadi tenang

“Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali. tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.”

Dari pada rajin baca status atau berita di MEDSOS yang isinya belum tentu benar, bacalah AL Quran yang iberitanya tidak ada yag Hoak.

 

MEMAKMURKAN MASJID

Tidakkah kamu mau aku tunjukkan apa yang dengannya Allah menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat? Menyempurnakan wudhu dalam keadaan yang berat, memperbanyak langkah ke masjid dan menanti shalat setelah shalat. Itulah penjagaan sesungguhnya, itulah penjagaan sesungguhnya.”

(HR. Muslim dari Abu Hurairah

Ada pepatah mengatakan, yang susah itu memulai, lebih susah lagi membiasakan. Begitu juga membangun masjid itu sudah, lebih susah lagi adalah memakmurkannya. Salah satu bentuk memakmurkan masjid adalah dengan sholat berjamaah di masjid bagi laki-laki. Bagi pemuda atau remaja masjid, kalau Sholat kok dirumah, tidak pernah sholat ke masjid berarti Anda bukan remaja Masjid, tetapi remaja Rumah.

 

SHALAT DHUHA

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,“Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

Dengan sholat dhuha sebanyak 4 rakaat (2×2), semua permasalahan kamu sepanjang hari insya allah akan lancar dan tuntas dengan hasil terbaik.

Pernah mencoba sholat Dhuha..? Walaupun hanya butuh waktu sekiar 15 menit mengerjakannya, tapi efek dari 15 menit itu bisa dirasakan seharian. Urusan kita jadi lebih mudah dan lebih efisien. Nggak percaya..? silahkan dicoba dan rasakan bedanya. Tapi ya jangan hanya sekali saja, tapi dirutinkan.

 

BERSEDEKAH

Kata Mas Ippho, Sedekah diam-diam itu boleh, Sedekah terang-terangan juga boleh. Yang tidak boleh itu diam-diam tidak bersedekah.

Selain mandapat pahala dari Allah SWT, manfaat sedekah adalah mengundang rezeki dan menolak bala. Dengan rutin bersedekah, insya Allah akan semakin harta yang kita sedekahkan ini bertambah. Sumpah

 

MENJAGA WUDHU

Secara syar'i, wudhu ditujukan untuk menghilangkan hadas kecil agar kita sah menjalankan ibadah, khususnya shalat. ''Shalatnya salah seorang di antara kalian tidak akan diterima apabila ia berhadas hingga ia berwudhu.'' (HR Abu Hurairah).

Menjaga wudhu bukanlah hal yang asing bagi mereka yang menjadi penghafal Al-Qur’an atau yang biasa disebut dengan nama hafizh Al-Quran, tapi bagi yang sholat saja jarang-jarang pasti susah, lha wong sebelum sholat harus berwudhu agar suci dari hadast.

Beberapa manfaat yang akan diperoleh jika seseorang selalu menjaga wudhu adalah,

Biasa menjaga wudhu kemungkinan besar akan dihindarkan dari maksiat serta dosa-dosa lainnya. Hal ini diakibatkan karena kita sedang ada dalam kondisi yang suci dan beriman. Sabda Rasulullah SAW mengenai hal ini tercatat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ahmad, dimana statusnya sendiri adalah hadist yang shahih.

Dengan menjaga wudhu, niscaya dosa yang dimiliki oleh seseorang akan terhapuskan, belum lagi derajatnya di mata Allah SWT akan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan oleh sabda Rasulullah SWT yang diriwayatkan oleh Muslim mengenai hal yang membuat derajat seseorang meninggi.

 

ISTIQFAR

Selain sebagai tanda memohon ampun kepada Allah SWT, selalu beristigfar mempunyai manfaat yaitu Allah berjanji akan memberikan kehidupan yang baik secara terus menerus selama hidup didunia sampai datang ajal kelak dan memberikan berbagai kelebihan dan keistimewaan kepada mereka yang selalu istighfar mohon ampun padaNya.

Mari perbanyak istigfar, Rasulullah yang sudah dijamin Allah untuk masuk syurga tidak kurang beristighfar dari 70 kali dalam sehari. Masak kita nggak mau..

Bagikan: