Ini Dia, Alasan kenapa TPA Anda Harus di Supervisi

 

Banyak unit TPA yang takut khawatir ketika akan di Supervisi. Ada yang bilang belum siap, ada yang bilang belum lengkap dan alasan sebagainya. Kekhawatiran itu muncul karena ada rasa mala, rasa bersalah ketika nanti semua rahasia kekurangan dan ketidaklengkapan dari TPA diketahui. Kalau Anda masih berpikiran seperti itu berarti Anda benar. Benar-benar salah maksudnya.

 

Tujuan supervisi itu justru membantu unit TPA agar menjadi lebih baik, bukan untuk menghakimi, bukan untuk mempermalukan atau menyalahkan. Kalau ada yang belum ada, nanti kita bantu supaya ada, kalau ada yang belum lengkap kita bantu supaya lebih lengkap. Unit TPA yang kita supervisi insya Allah akan jadi lebih baik dari sebelumnya , dengan catatan bersedia menjalankan resep-resep yang kita berikan. Mau bukti ? Silahkan

 

Kami yakin semua unit TPA mengingingkan TPA nya menjadi TPA yang sakinah, mawadah, wa rohmah. Menjadi TPA yang lebih baik, mulai dari segi kualitas santri, kulaitas ustadz/ah, sistem pembelajaran dan kelengkapan pendukung lainnya. Salah satu untuk menjadikan unit TPA menjadi lebih baik ya, dengan di Supervisi. Toh unit yang sudah pernah kita supervisi, baik Direkturnya, Ustadz/ah dan system pembelajarannya nya masih baik-baik saja. Justru menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tidak terus jadi galau, malah jadi lebih bahagia. Jadi kapan TPA Anda mau kita supervisi ?

 

Selain bertujuan membantu unit TPA dalam memperbaiki kualitasnya, baik dari segi fisik maupun non fisik, tujuan dari supervisi adalah silaturahmi. Salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW. Dengan bersilaturahmi, kita jadi lebih saling mengenal, jadi lebih akrab. Kalau sudah saling mengenal dan saling akrab, tentu komunikasi akan jadi lebih mudah dan permasalahan yang ada di TPA bisa di sampaikan dan dapat segera di carikan solusi bersama.

 

Ibarat seorang Dokter ( bukan dokter sumur lho ya ) kalau pasien tidak menyampaikan keluhannya dan dokter tidak memeriksannya, kemungkinan besar Mas Dokter sulit untuk mengetahui pasien ini sakit apa ?. Masalah di tubuh pasien ini apa ?. Terkena penyakit apa ? Penyakit panu akut, penyakit hepatitis A atau B, penyakit cacingan atau penyakit apa ndak ada yang tahu. Kalo penyakit (permasalahan ) sudah diketahui, kan bisa dicarikan obat ( solusi ) yang tepat untuk pasien. Begitu juga dengan masalah yang ada di TPA.

 

Manfaat lain dari silaturahmi yaitu, dapat memperpanjang usia. Kalo TPA Anda sering bersilaturahmi ( ikut kegiatan ), insya Allah TPA Anda usiannya jadi lebih lama. Beda dengan TPA yang jarang ikut kegiatan, hanya ndekem saja di wilayahnya. Nanti jadi TPA yang kuper, ndak tahu info apa-apa yang terbaru yang lagi ngehits. Al hasil, lama kelamaan jadi TPA yang kena stroke, ndak bisa ngapa-ngapain lagi. Ndak ada kegiatan, lama-lama santrinya bosan dan akhirnya mati wafat Mesak’e tho.

Bagikan: