HABIS LELAH TERBITLAH MENANG

Tak terasa sudah lebih dari satu Abad wanita hebat ini dilahirkan. Walaupun usianya pendek, 25 tahun secara hitungan angka, tetapi sebenarnya usianya panjang, buktinya sampai saat ini Blio diingat oleh banyak orang. Blio meninggal pada usia 25 tahun. Sangat muda, tetapi sudah mendunia.

 

Adalah R.A Kartini binti R.M. Sosroningrat yang fotonya digunakan pada mata uang Rupiah nominal sepuluhribu tahun 1985. Blio mempuyai hobi membaca buku dan menulis. Ingat ya, membaca buku bukan status nggak jelas. Tulisan-tulisan Blio ini kemudian yang kita kenal dengan Buku berjudul Habis gelap terbitlah terang.

 

Belajar dari seorang R.A Kartini bisa kita mulai dari hal-hal kecil. Misalnya mulai dari yang hobinya membaca status media social diganti membaca membaca Buku, yang hobinya menulis status lebay bisa diganti menulis puisi atau artikel bermanfaat. Seperti dalam hadist nabi Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

 

Salah satu perjuangan dari R.A Kartini adalah kemerdekaan kaum wanita, yang diwujudkan dalam konsep emansipasi wanita. Blio mempunyai ciat-cita agar wanita mempunyai hak yang sama dalam hal pendidikan. Ia berkeinginan besar untuk menjadi seorang guru, guru yang diidamkannya adalah yang mengajar disamping ilmu pengetahuan , juga pengertian kasih dan keadilan , dengan kata lain adalah pendidikan akhlak.

 

Bagi Anda yang saat ini menjadi Ustadzah TPA, betapa beruntungnya Anda. Karena selain meneruskan cita-cita Bu R.A Kartini, Anda juga mengamalkan hadist Nabi, menyampaikan ilmu walau hanya sedikit. Mengajar TPA itu perlu niat dan pengorbanan yang besar. Selain harus nyelake waktu, Ia harus rela menjadi ujung tombak dan tombok. Lelah memang tapi insya Allah akan menang kemudian. Menang melawan kebodohan dan menang melawan kemungkaran.

 

Pada lirik lagu “ ibu kita Kartini” ciptaan WR. Supratman terdapat kata harum namanya. Maksud harum ini jelas bukan nama alias Blio harum, tetapi nama Blio yang sampai saat ini dikenal baik oleh semua orang.

 

Gimana..? pengen nama Anda harum seperti Bu RA Kartini…?, Setiap sore silahkan Ngajari adek-adek belajar Al Quran di TPA, daripada motor-motoran ndak jelas tujuannya keliling kompleks boncengan telu. Saya yakin dulu sewaktu remaja Bu R.A Kartini ndak pernah naik kuda bocengan bertiga keliling jepara.

 ****

Oiya insya Allah besok Ahad, 23 April 2017 santriwan/wati TPA Kota Yogyakarta akan berlomba dalam acara Festival anak Shaleh Indonesia tingkat D.I Yogyakarta. Bagi yang ingin kepo lebih akut silahkan datang saja ke SMK Muhammadiya 3 Yogyakarta, jalan Pramuka Yogyakarta. Selain bisa menyaksikan aneka lomba, ada Bazar juga. Mohon do’anya semoga lancar dan bisa meraih hasil yang maksimal. Aamiin.

 

Bagikan: