Direktur TPA, Jabatan tinggi yang tidak banyak diminati

 

 

Pimpinan di Taman Pendidikan Al Qur’an disebut Direktur TPA, bukan Bos, bukan ketua, apalagi CEO. Direktur adalah sebuah jabatan yang tidak sembarangan, harus melalui berbagai tahapan untuk bisa duduk diposisi ini. Makanya, jarang sekali ada yang bersedia menjadi seorang Direktur TPA. Bayangkan kalo Direktur sebuah perusahaan, pastilah banyak orang yang antri untuk melamar posisi ini . Belum pernah juga tho, ada stasiun televisi yang menanyangkan siaran langsung “ Debat Calon Direktur TPA”. Satu-satunya TPA di kota Jogja yang ada acara debat calon Direktur TPA baru ada di TPA Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta. Debat calon kandidat Direktr TPA ini rutin dilaksanakan setiap pergantian kepengurusan.

Syarat yang harus ada pada  seorang Direktur TPA adalah ikhlas. Ikhlas memikirkan kemajuan TPA, ikhlas mengurus anak orang lain, ikhlas membimbing ustadz/ah di TPA nya, ikhlas meluangkan waktunya untuk TPA dan masih banyak lagi ikhlas-ikhlas  lain yang harus Ia lakukannya. Masih ingat film” Kiamat Sudah Dekat “ yang di sutradarai oleh om Deddy Mizwar di tahun 2003 ?.  Ingat ya, Kiamat Sudah Dekat, bukan “ Jodoh pengantar jenazah “ .

***

Adalah Fandy sang rocker pemain Band yang jatuh cinta pada Sarah anaknya pak Haji Romli. Namun sayang Sarah telah dijodohkan dengan Farid, seorang pemuda yang masih kuliah di Kairo. Dari 2 pilihan bakal calon menantu yang ada, tentu Haji Romli cenderung memilih Farid yang anak kuliah, apalaigi kuiah di Kairo. Tapi karena kenekatan Fandy, akhirnya Haji Romli memberikan kesempatan kepadanya, dengan syarat harus bisa shalat, bisa membaca Al Qur'an dan menguasai ilmu ikhlas. Begitu juga dengan Farid yang diberi syarat yang sama, yaitu harus menguasai ilmu ikhlas. Mereka harus bisa menguasai ilmu ikhlas dalam  waktu 2 minggu. Singkat cerita Fandy lah yang menguasai ilmu ikhlas dan akhirnya dijodohkan dengan Sarah, anaknya pak Haji Romli.

 ***

Pelajaran yang didapat dari Film “ Kiamat Sudah Dekat “ adalah, Fandy yang belum pernah belajar ilmu agama sekalipun, malah bisa menguasai ilmu ikhlas dibandingkan dengan Farid yang sudah sejak lama belajar ilmu agama. Barangkali  Bapak/Ibu ada yang sedang bingung mencarikan  jodoh buat anaknya, bisa jadi referensi lho Pak, Buk, carilah menantu yang  pernah menjabat  Direktur TPA.

 

Jadi siapapun Anda, apapun latar pendidikan akademik Anda, insya Allah dengan terus belajar dan mengikhlaskan segala sesuatunya untuk Allah melalui TPA, akan mudah menjalani amanah sebagai seorang Direktur TPA. Allah akan memudahkan urusan hamba-NYA, akan menolong hamba-NYA yang menolong agama-NYA.

 

Tapi, tidak semua orang mampu dan bersedia menjadi Direktur TPA, oleh karena itu, jika saat ini Anda adalah seorang Direktur TPA, pasti Anda adalah orang terbaik dan orang terikhlas yang ada di lingkungan Anda, insya Allah. Untuk menjadi seorang Direktur TPA tidak harus berpangkat tinggi, apalagi bergelar akademik yang tinggi, yang dibutuhkan adalah orang yang sering gelar sajadah ( rajin sholat )

 

Trus apasaja yang harus dilakukan seorang Direktur agar TPA itu bisa menarik dan nyaman…?

bersambung...

 

Baca juga : TPA ku yang dulu bukanlah yang sekarang

Bagikan: