Akreditasi di Tegalrejo

Sore itu hujan cukup deras untuk daerah Kota Yogyakarta bagian Barat, tepatnya di kecamatan Tegalrejo, daerah yang berbatasan langsung dengan kabupaten Sleman. Adalah akreditasi, sebuah ajang silaturahmi sekaligus pembinaan dan penilaian untuk unit TK TPA oleh Badan Koordinasi TK TPA Propinsi D.I.Yogyakarta.

Setiap sabtu kliwon menjadi jadwal akreditasi untuk daerah kota Yogyakarta dan bulan Februari ini, kecamatan Tegalrejo didapuk mewakilkan unitnya untuk di akreditasi. Dan artinya selapan ( 35 hari ) lagi,  akan menjadi jadwal akreditasi kembali untuk daerah  kota Yogyakarta.

Ada 2 unit Taman Pendidikan Al-Qur’an ( TPA ) yang akan dinilai administrasi dan kelengkapan lainnya pada akreditasi kali ini, yaitu TPA An Nurrotain dan TPA Jatimulyo. Beberapa hari sebelumnya,  BADKO Kota Yogyakarta sudah melakukan supervisi terlebih dahulu agar pada saat akreditasi nanti pelaksanaannya bisa maksimal.

Penilaian dari Tim Akreditasi BADKO DIY berdasarkan instrumens penilaian. Ada 30 poin yang menjadi acuan dalam menilai unit TKA TPA, diantaranya adalah penilaian tentang keadaan santri, jumlah ustadz/ah, pelatihan yang pernah diikuti ustadz/ahnya, sumber dana beserta laporannya, kelengkapan administrasi dan lain sebagainya. Semua dinilai, diperiksa, diberi saran, masukan sehingga harapannya unit TPA kedepannya menjadi unti TPA yang berkualitas, bukan hanya sekedar unit  TPA yang ecek-ecek. Seperti yang diajarkan Rosulullah, Nabi Muhammad SAW bahwa dalam mengerjakan segala sesuatu kita harus melaksanakan dengan profesional termasuk dalam pengelolaan TPA.

Acara akreditasi dimulai mulai pukul 16.00 sampai menjelang maghrib. Selain akreditasi, Tim Akreditasi juga melakukan pembinaan. Pembinaan kali ini dikhususkan untuk walisantri dan ustadz/ah, walaupun turut hadir pula tokoh masyarakat seperti ketua RT, ketua RW, takmir masjid, Pengurus BADKO Rayon Kecamatan hingga pengurus BADKO Kota Yogyakarta. Dengan dihadirkannya tokoh-tokoh tersebut, harapannya komunikasi dapat terjadi dan langsung ditindaklanjuti sehingga dukungan untuk pelaksanaan TPA semakin kuat.

TPA yang telah diakreditasi akan diberikan sertifikat . Dalam lampiran yang tertera di sertifikat, ada tiga kriteria dalam penilaian akreditasi TPA, yakni nilai A, B  atau C. Nilai kategori A diberikan kepada unit TPA yang memenuhi standar nilai dengan point minimal 2001. Sedangkan nilai B minimal 1001 dan kurang dari poin 1000 mendapat nilai C. Apapapun hasil penilaian akhir dari Tim Akreditasi, harapannya bisa meningkatkan kualitas SDM yang ada di TPA, sehingga untuk lulusan TPA semua akan setara baik di daerah kota Yogyakarta dengan kabupaten lainnya. Dapat nilai A ndakpapa yang penting sudah berusaha. #SemangatNgajarNgaji

 

Bagikan: